Skip navigation

Pada beberapa bulan lalu menteri perdagangan dan industry kreatif Marie elka pangestu melakukan kunjungan kerja ke jepang. Hal ini berkaitan dengan bagaimana Indonesia akan bekerjasama dalam hal ekonomi kreartif dengan jepang. Dalam kunjungan kali ini Marie bertemu dengan Yuki Edano, Menteri Perdagangan jepang. Dalam kunjunagan tersebut menghasilkan beberapa kesapakatan diantaranya, pertama, saling berbagi pengalaman dan best practise. Kedua, terkait dengan pengembangan kapasitas SDM Indonesia dan Jepang, misalnya dengan melakukan live in expert atau expert exchange, pelatihan, seminar, magang, beasiswa sekolah, atau short course. Ketiga, adalah terkait dengan upaya-upaya untuk mempercepat pengembangan industri kreatif dengan melakukan fasilitasi business-to-business, jejaring kerjasama antar talenta kreatif (people-to-people networking) atau fasilitasi kerjasama dan kolaborasi antara pemerintah dan dunia usaha.
Pada kesempatan pertemuan bilateral, Menteri Edano menyatakan bahwa inisiatif yang telah didukung oleh Pemerintah Jepang untuk mengembangkan industri kreatif di Indonesia diantaranya adalah kerjasama produksi film berjudul “Killers”, pengembangan musik AKB48 dan JKT48, program Iron Chef yang juga akan ditayangkan di Indonesia, serta pertukaran talenta-talenta kreatif.
Pada tahun 2012 ini program bilateral Indonesia jepang ini dilaksanakan di Jakarta, dengan menusung nama “Cool Japan”. Dalam acara ini terdapat 29 merchant yang dapat dilihat dan dibeli oleh pengunjung. Maksud kegiatan ini untuk mempromosikan produk-produk yang dibuat di Jepang oleh warga Jepang (Made in Japan, Made by Japan) ke negara lain, Cool Japan Strategy Promotion Program yang dijalankan oleh METI secara terbuka mengundang partisipan di awal musim panas ini.
Dalam acara ini juga pengunjung diperbolehkan untuk mencoba pakaina khas jepang yaitu “Kimono dan Yukata” mereka juga diperbolehkan berfoto-foto memakai pakaian tersebut. Ada pula yang menjadi idola para pegunjung adalah tirun gitar yang dipakai oleh para personil Larc’en ciel, yang dimana juga diperjual belikan.
Didalam acara ini juga panitia memberikan angket tentang acara ini, dimana nantinya angket itu akan ditukar dengan undian yang nantinya pengunjung akan memeutar alat dan akan mengeluarkan bola kecil yang berwarna-warni yang berarti mendapatkan hadiah yang beragam dari kalender hingga motor skutik.
Acara ini sendiri dilaksanakan dari tanggal 12 November hingga 9 Desember lalu, yang bertempat di Grand Indonesia, Level 5. Acara ini diharapkan bisa memajukan industry kreatif ke pada para pemuda di Indonesia dan memperkenalkan lebih jauh budaya jepang di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: