Skip navigation

Nama: Taufiq Bernadi

Mata kuliah: Sistem Komunikasi Indonesia (SKI)

Abstrak

Pengaruh Media Dalam Perkembangan Sistem komunikasi Masyarakat Desa

Perkembangan media saat ini telah berkembang pesat,  media cetak maupun media elektronik telah memasuki seluruh sendi kehidupan masyarakat kota maupun masyarakat desa. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa telah merubah gaya hidup maupun gaya komunikasi pada masyarakat disekeliling kita, gaya yang berbau modernism, atau gaya yang berbau pop culture telah sampai hingga kedaerah-daerah di Indonesia. Dalam hal ini juga media menyuguhi tanyangan-tayangan yang sangat berbau hedonism dan mencontohkan gaya hidup yang instan.

Apakah disini fungsi media seperti itu? Atau pemilik modal disini yang berkuasa, padahal disini media bisa juga sebagai control sosial untuk masyarakat, tetapi kenyataannya disini media hanya mementingkan keuntungan semata, sehingga fungsinya sebagai sarana pendidikan dan informasi jadi dikesampingkan. Tetapi masyarakat kita pun belum seratus persen melek media sehingga efek negative media lebih cepat terserap. Tetapi tidak semua apa yang diserap oleh masyarakat itu jelek banyak hakl-hal positive juga yang bisa diserap oleh masyarakat.

Mungkin dalam hal ini kesadaran individu terhadap media yang perlu ditingkatkan dalam masyarakat sehingga bisa memilah-milah antara produk media yang baik atau yang buruk dampaknya bagi masyarakat. Sehingga masyarakat harus diberi pendidikan media agar mengetahui buruk atau baiknya media. Masyarakat tidak bisa menerima begitu saja dampak dari media, mereka harus menyaringnya juga.

Theory yang bisa digunakan disini adalah teori jarum suntik hepodermik yang dimana media memberikan produknya secara terus-menerus sehingga para pemakainya sudah tidak bisa menghindar dari efek yang ditimbulkan oleh produk media, contoh: sinetron, sitcom. Disini bisa dijelaskan bahwa media menyerang lewat psikologis pemakainya sehimgga cepat memberi efek yang didapat. Tetapi kalau dari pihak media mereka tidak bisa disalahkan juga karena mereka juga tergantung pemiliknya atau orang yang berkuasa dalam media itu, contohnya: stasiun televisi RCTI menayangkan sinetron yang berbau kekerasan, tetapi stasiun ini pun tidak ada hak unuk tidak menayangkan, karena sinetron itu mempunyai ratting bagus atau mendapatkan income yang banyak dari program acara tersebut sehingga termasuk dalam teori hegemoni.

Dalam penelitian ini saya akan menggunakan teori kualitatif deskriptif, dimana akan menjabarkan permasalahan yang terjadi dalam system komunikasi dalam media di Indonesia, sehingga akan menemukan jawaban yang pasti ketergantugan system komunikasi Indonesia terhadap media dalam perkembangan masyarakat desa. Sehingga nantinya bisa dijadikan rujukan terhadap atas permasalahan penyerapan media dalam perkembangan system komunikasi masyarakat desa.

Dalam hal ini bisa kita analisis bahwa masyarakat desa kecendrungan mendapatkan informasi sudah mulai maju, sekarang mereka bisa menggunakan radio, televise bahkan internet, kemajuan ini tidak diragukan lagi sedikit banyak mengubah system komunikasi pada masyarakat itu sendiri. Bisa dikatakan penduduk desa sekarang ini telah terjadi fenomena media exposure, yang dimana belum adanya pendidikan media dimasyarakat desa sediri, tetapi sudah dicekoki oleh berbagai macam produk media. Hal ini bisa saja menggangu atau merubah system komunikasi yang sudah ada dalam jangka waktu yang lama.

Media exposure sangat jelas terlihat, bisa dirasakan oleh masyarak itu sendiri, tidak dikota tidak didesa, sama saja dampak yang ditimbulkan oleh media. Dampak itu pun sendiri bisa baik atau buruk, dan bisa merubah system komunikasi pada masyarakat pada perkotaan maupun pedesaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: